Laman

Sunday, February 13, 2011

Anjing Pitbull, apa dan bagaimana?

Semua pecinta anjing trah sangar tentu setuju apabila dikatakan bahwa pesona dari anjing jenis ini adalah pada bentuk anatomi yang gagah dengan struktur pertulangan kokoh serta otot kekar dengan urat menonjol disana-sini. Tidak perduli apakah Rottweiler, Doberman atau Pitbull, otot merupakan elemen penting dalam menentukan kualitas anjing. Pada Pitbull terutama, sorot mata tajam, kepala stocky dan otot yang kokoh serta tampak jelas garis-garis ototnya, merupakan suatu kepuasan yang sempurna, terlebih lagi ditunjang dengan mental dan karakter yang ideal.

Memang secara genetis otot pada seekor Game breed Pitbull akan tumbuh dengan sendirinya, akan tetapi apabila tidak disertai dengan latihan yang tepat maka otot yang diperoleh tidak akan sempurna. Pada Pitbull non Game breed juga berlaku hal yang sama pula, walaupun pada Pitbull non Gamebreed ototnya dikenal sedikit susah untuk dibentuk, akan tetapi dengan latihan tepat dan gizi yang seimbang maka bentuk tubuh atletis dengan otot tanpa lemak sebagaimana yang ada pada gambar-gambar Pitbull di internet bukan hanya impian. Memang ada puluhan macam obat dan sederet merk Dog food terkenal yang menjanjikan dapat menumbuhkan otot dengan cepat beredar di pasaran, akan tetapi tidak satupun yang dapat mengalahkan makanan alami dan Latihan yang tepat.

Definisi otot pada Pitbull sungguh berbeda dengan definisi otot pada Rottweiler ataupun Boxer. Pada Rottweiler dan Boxer, otot yang ada terkesan besar dan indah, karena ditujukan untuk show bentuk tubuh, dimana setiap tonjolan ototnya mengacu pada aspek keindahan sebagaimana yang terdapat pada olahraga Binaraga. Sementara otot pada Pitbull terkesan kasar dan keras mengacu pada aspek kekuatan, kecepatan dan kelenturan sebagaimana yang terdapat pada olahraga tinju. Menurut standart ADBA (American Dog Breeder Associations) otot pada Pitbull haruslah betul-betul proporsional sesuai dengan rasio tinggi dan beratnya (1:3 – 1:4), terlihat jelas garis-garis ototnya, tanpa lemak, terasa padat dan kencang tetapi lentur dan lincah dalam bergerak. Oleh karena itu Pitbull yang loyo, gendut, lamban dan kaku gerakannya tidak sesuai dengan standart Pitbull yang umum.

Secara garis besar otot pada Pitbull dibagi berdasarkan kegunaanya dalam Fighting yang juga menjadi elemen show, yaitu :

Otot rahang ; harus terlihat tebal dan bulat, pada kepala terlihat belahan otot di bagian dahi demikian juga dengan pelipis harus jelas tonjolan ototnya sehingga kepala terkesan kotak dan kekar
Otot Leher ; berbentuk bulat dengan tonjolan otot pada bagian samping leher dan belahan otot pada tengkuk
Otot bahu ; terlihat garis garis menonjol dari atas kebawah hingga membentuk punuk di bagian pangkal bahu, terlihat lebar dan bulat bila di pandang dari depan
Otot punggung ; terlihat jelas belahan otot, mulai dari pangkal bahu sampai pinggang
Otot dada ; lebar berbentuk kotak yang jelas, apalagi bila pitbull sedang duduk, tapi lebarnya tidak boleh berlebihan sehingga pitbull tampak cebol seperti Bulldog (over barrell)
Otot perut dan pinggang ; ramping dan lentur, namun terasa keras saat diraba, tidak diperbolehkan perut yang rata dengan dada
Otot kaki depan ; kencang dan lurus menandakan kelincahan dan kekuatan kuda-kuda
Otot paha dan kaki belakang ; besar namun kencang dan lentur
Kesemua otot tersebut diatas harus terlihat jelas belahan serabut ototnya serta urat-uratnya saat Pitbull bergerak maupun saat diam.

Inti dari latihan fisik bagi Pitbull adalah tidak langsung ditujukan untuk membentuk otot yang besar, akan tetapi untuk mengembangkan stamina, kekuatan kecepatan dan kelenturannya, prinsipnya adalah membuat anjing bergerak dengan bebas dan maksimal akan tetapi dengan perencanaan latihan yang jelas agar latihan yang dilakukan efisien. Sebelum memulai latihan diperlukan beberapa peralatan untuk melatih pitbull agar mencapai kondisi puncak sebagaimana yang diinginkan, diantaranya adalah :

Treadmill; tidak harus ada, akan tetapi sangat efisien dan praktis karena memiliki keunikan tersendiri dalam hasil latihan
Harness; harus terbuat dari bahan yang nyaman, ringan tetapi sangat kuat
Beban (dapat berupa piringan dumbell atau rantai)
Collar; harus terbuat dari bahan yang nyaman, ringan tetapi sangat kuat
Bola; sebaiknya yang cukup kuat untuk menahan gigitan
Flirt Pole ; berupa alat seperti pancing dengan umpan dari kain atau mainan anjing
Spring pole; baik dari bahan karet maupun per
Target gigitan; terbuat dari handuk bekas, karung dan ban (sepeda, motor, mobil)
Semua alat tersebut diatas sangat penting untuk dimiliki bagi anda yang menginginkan hasil yang sempurna dalam rangkaian latihan yang cukup panjang.

Latihan sudah dapat dimulai saat usia Pitbull menginjak 4 bulan, pada usia ini sampai dengan usia 6 bulan anda dapat melakukan beberapa kombinasi latihan yang dilakukan bergantian setiap harinya untuk menghindari kebosanan pada Pitbull anda. Bentuk-bentuk latihan yang bisa anda lakukan untuk usia ini adalah antara lain :

Jalan mengelilingi lingkungan sekitar rumah anda, selain dapat membentuk otot dari Pitbull juga sebagai sarana sosialisasi dan juga pembinaan mentalnya, untuk hasil maksimal tambah jarak sekitar 500 meter setiap 1 minggu, selingi latihan ini dengan berkejaran dengan pitbull anda atau lempar-lemparkan batu kearah depan saat Pitbull anda mulai bosan, untuk melatih mentalnya sempatkan untuk berbincang sejenak dengan orang asing atau tetangga yang tertarik melihat Pitbull anda dan biarkan Pitbull anda bersosialisasi dengan mereka
Ajak Pitbull bermain lempar tangkap bola, untuk hasil maksimal goda anjing dengan bola dulu sebelum melempar sehingga ia akan mengejar bola dengan semangat yang tinggi agar ia dapat berlari sprint dengan kecepatan penuh, latihan ini akan lebih efektif dengan adanya partner melempar, sehingga anjing tidak mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan bola, hal ini akan membuat Pitbull semakin penasaran pada bola
Gunakan flirt pole untuk memancingnya mengejar umpan gigitan, gerakkan flirt pole dengan cepat dan acak agar Pitbull mengejarnya dengan manuver yang berubah-ubah sehingga memancing kelenturan dan kecepatan geraknya, apabila Pitbull belum mau mengejar umpan gigitan, goda Pitbull anda saat ia mengalami kebosanan saat berada didalam kandang dengan umpan gigitan selama beberapa hari, lalu mulai latihan saat ia betul-betul gemas dengan umpan gigitan yang anda berikan, saat Pitbull anda berhasil menggigit tariklah gagang flirt pole dan manfaatkan kesempatan ini untuk bermain tug of war (tarik tambang) dengannya.
jangan lupa untuk selalu meningkatkan porsi latihan secara berkala baik intensitasnya maupun kualitasnya. Akan lebih baik apabila anda mencatat perkembangan kemampuan anjing lengkap dengan tinggi dan beratnya, juga foto Pitbull anda setia 2 minggu untuk mengetahui secara jelas pertumbuhannya dari waktu ke waktu.

Saat menginjak usia 7 bulan hingga 1 tahun tambahkan porsi latihannya dan berikan tantangan lebih untuk Pitbull anda. Tambahkan sesi berlari ringan dalam setengah waktu jalannya, tambah jarak secara berkala sekaligus persingkat waktu tempuhnya sampai ia mencapai jarak ideal 15 Km dalam 1 jam. Apabila anda merasa kesulitan untuk melakukan latihan diatas ada baiknya menggunakan treadmill agar lebih praktis, anda tinggal mengajaknya jalan sebentar selama 15 menit, lalu naikkan ke atas treadmill dan biarkan dia berlari di atas treadmill, kunci pada latihan treadmill adalah pada perubahan kecepatan berlari, pancing Pitbull untuk berlari sekencang-kencangnya selama 2 menit lalu biarkan dia berlari santai selama 2 menit, lakukan berulang-ulang dan tingkatkan durasi latihan dengan treadmill 1 menit setiap harinya, maka Pitbull anda akan mencapai kondisi yang istimewa. Untuk latihan lempar tangkap bola, tambah jaraknya dan selingi latihandengan memberikan halang rintang untuk dilompatinya, selalu tingkatkan jumlah lap-nya hingga batas kemampuan fisiknya. Pada usia 10 bulan juga merupakan saat yang tepat untuk menambahkan beban sebagai tantangan lebih dalam latihannya, pasangkan beban berupa rantai pada lehernya tetapi jangan terlalu berat, cukup 1 kg pada awalnya lalu tingkatkan setiap 1 bulan sampai beratnya mencapai 3,5 kg, jangan melebihi beban diatas karena dapat mengganggu persendian leher Pitbull anda. Untuk menambah kekuatan dan massa otot, pasang harness pada tubuhnya berikan beban berupa ban mobil untuk dibawanya berlari saat joging ataupun saat bermain lempar tangkap bola. Tambahkan pula latihan spring pole pada tiap akhir latihan flirt pole, akan tetapi ingat jangan sampai Pitbull anda mendapatkan target gigitan saat berlatih flirt pole, sehingga saat target gigitan anda pindahkan ke tali spring pole maka Pitbull anda pasti akan menghajarnya habis-habisan.

Setelah usia Pitbull mencapai 1 tahun, anda dapat memulai melakukan latihan dengan ekstrem khas Pitbull, lakukan semua latihan dengan tempo yang cepat dan berikan beban yang ekstra dengan memasukkan semen dalam ban mobil yang ditariknya menggunakan harness. Bagi tiap sesi latihan menjadi 3 set, ukurlah agar bobot tiap set-nya sama dengan satu sesi latihan saat ia berusia 10 bulan. Yang harus anda ingat adalah selalu peka dalam memantau kondisi Pitbull anda saat ia berlatih, perhatikan nafas dan lidahnya, saat nafasnya berbunyi seperti mendengkur dan lidahnya mulai melipat hentikan latihan dengan segera, biarkan dia istirahat 5 menit lalu lenjutkan set berikutnya, hentikan pula latihan saat Pitbull anda terlihat bosan atau malas-malasan untuk berlatih. Istirahatkan Pitbull selama 2 hari setiap minggunya agar dia ada kesempatan untuk recovery sehingga kondisinya bisa selalu prima.

Setiap hari setelah latihan, luangkan waktu untuk bersama Pitbull dalam kondisi santai, ajak dia bicara sambil mengelus-elus tubuhnya. Berikan pujian bahwa dia sudah menjadi Pitbull yang baik karena telah melakukan latihan dengan sempurna. Melalui sesi ini jalin hubungan batin yang kuat antara anda dan Pitbull anda, lebih baik lagi bila anggota keluarga anda yang lain juga terlibat. Memang terlihat sepele, akan tetapi pada sesi inilah yang sangat menentukan hasil latihan dari Pitbull anda, dia bukan bawahan anda yang bisa anda perintah untuk melakukan apapun, tapi ia hanya seekor Pitbull yang berusaha untuk melakukan hal menyenangkan bersama keluarganya.
sumber : http://y2rpitbull.weebly.com/y2r-tips.html

5 comments:

  1. tpi apha kah cukup,, latihan pitbul hanya lari2, jalan2 sejauh 500 meter,,dan jalan2 1000 meter,, trus tangep bola,, stiap pgi jalan2,, trus kejar2 an,,, trus trus berenang,,,, smua nya rutin apha kah cukup,,,,

    ReplyDelete
  2. Ad pin BBMnya mas. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. kenapa sepertinya latihannya terlalu sadis, kalau ayam umur 1,5 tahun baru dilatih kenapa pitbull yang usia dewasanya lebih lambat mulai latihannya usia 4 bulan. rasanya jahat deh cara melatihnya.

    ReplyDelete
  4. Yuk gabung dan main di Royalqq.poker
    Hanya dengan minimal deposit Rp. 15.000,-
    anda sudah bisa bermain di semua jenis games populer

    Dan yang pastinya di ROYALQQ.POKER tampil beda..
    Main dan buktikan sendiri deh bosq ^^

    ReplyDelete