Laman

Sunday, February 13, 2011

Pitbull bagi saya

Bagi saya sendiri, anjing ras Pitbull merupakan pilihan terbaik hingga saat ini. Pitbull merupakan salah satu ras anjing yang sangat mengagumkan. Ketangkasannya, kelincahannya, kekuatannya, kestabilan emosi, kekuatan mental, kemampuan self healing-nya melebihi dari ras anjing lainnya. Anda bisa menjadikan pitbull menjadi anjing apapun yang anda mau. Apakah itu sebagai anjing ketangkasan, anjing penjaga, anjing tarung, anjing show, bahkan anjing rumahan.
Dalam tulisan ini saya tidak bermaksud membahas mengenai sejarah pitbull, mengenai registerasinya, atau membahas mengenai pitbull-pitbull pendahulu yang sampai sekarang sangat melegenda. Di sini saya hanya mencoba mengungkapkan mengenai apa itu pitbull dari sudut pandang saya sendiri. Sangat subjektif, memang. Yang menjadi pertimbangan saya, kalau anda ingin mencariinformasi mengenai sejarah pitbull, registerasinya, nama-nama pitbull legendaries dan prestasinya, anda tinggal bertanya kepada “mbah gugel”, habis perkara.
Sampai saat tulisan ini dibuat saya pernah memelihara hanya 2 ekor anjing pitbull. Namun setidaknya mulai dari awal memelihara mereka saya belajar sedikit banyak mengenai anjing pitbull. Pitbull pertama yang saya pelihara, bernama Bussie. Saya memliharanya dari umur 2 bulan sampai 11 bulan. Setelah itu, saya menitipkannya pada rekan saya di Solo, Jawa Tengah. Pitbull kedua saya bernama Hippo, tapi kini telah dimiliki oleh orang lain. Hanya bertahan di rumah saya sampai januari 2011.
Mengenai pitbull sendiri, banyak orang yang selalu memberi mencoba member standarisasi terhadap ras anjing ini. Mengenai bentuk kepalanya, bentuk tubuhnya, sifatnya, dll. Tapi, dikenyataanya banyak anjing-anjing yang dicap sebagai anjing pitbull oleh pemiliknya, namun bentuknya berbeda dari satu anjing dengan anjing yang lainnyal. Ini tentunya sangat membingungkan.
Ada teman, bahkan yang meminta pendapat saya apakah anjingnya termasuk pitbull asli atau bukan. Jujur, saya bingung. Bagaimana tidak, anjing pitbull sendiri sebenarnya berasal dari percampuran anjing-anjing jaman dahulu yang sengaja di kawin silangkan hingga muncul yang seperti sekarang. Bahkan persilangan tersebut masih dilakukan hingga sekarang. Jadi, anjing pitbull asli atau tidak bagi saya masih sangat absurd. Terlalu munafik jika mengatakan menentukan pitbull asli atau tidak hanya berdasarkan surat registerasinya. lah wong surat registerasi tersebut bisa didapatkan dengan sangat mudah, apalagi di Indonesia.
Jujur, kalau ditanya mengenai standarisasi bentuk anjing pitbull, saya angkat tangan. Karena selama saya mengenal anjing ras ini, bentuk-bentuk yang pernah saya lihat, semuanya berbeda. Tapi setidaknya ada beberapa ciri umum yang menurut saya hampir dimiliki oleh “kebanyakan” anjing jenis ini. Ototnya yang lebih menonjol dari anjing jenis lain, kegigihannya , pantang menyerah, konsentrasi yang tinggi.
Dalam memilih pitbull, saya tidak berpatokan kepada harga, surat registerasi, atau bentuk badannya. Saya lebih melihat kepada garis keturunan anjing tersebut. Bukan ingin mengatakan, bahwa pitbull yang tidak memiliki garis keturunan yang bagus, pasti akan berkualitas jelek. Namun, dengan garis keturunan yang bagus, setidaknya kita bisa menerawang bagaimana jadinya pitbull ini di kemudian hari ketika dewasa. Kita juga tidak akan repot-repot dalam perawatannya, misalnya memberi vitamin, makanan-makanan pembentuk tubuh, dalam hal pelatihan, dll untuk mendapatkan anjing pitbull yang berkualitas. ini berdasarkan pengalaman saya setelah memelihara dua ekor pitbull.
Untuk berat badan, saya menyukai yang berbobot dibawah 30 kg, terutama dikisaran 21-25 kg. selain lebih ekonomis dalam perawatan, juga lebih lincah. Selain itu, juga saya pernah membaca artikel, bahwa jaman dahulu berat pitbull hanya sekitar 19-22 kg-maaf kalau salah-. Hanya dalam perkembangan sekarang, orang lebih banyak menyukai pitbull yang memiliki badan besar. Katanya, lebih mantap melihatnya. Tapi, itu terserah pilihan anda sendiri. Hanya saja, saya bingung manakala pitbull dahulu yang memiliki berat badan antara small-medium kemudian berubah menjadi bigsize.
Untuk bentuk otot, bagi saya lebih memilih seekor pitbull yang memiliki bentuk otot kering. Bentuk perut yang lebih tinggi dari dada, otot samping perut yang terlihat jelas terutama saat kontraksi otot, otot paha yang menonjol dan otot pinggul yang juga menonjol dan terlihat jelas batasan antara otot pinggul dan paha, otot pundak yang proporsional tidak terlalu besar atau terlalu kecil (kebanyakan pitbull bigsize memiliki otot pundak yang terlalu besar sampai ke siku kaki depan, namun siku kaki kebawah tidak terlalu besar), otot punggungnya yang membelah. Untuk bentuk kepalanya tidak terlalu lebar ataupun terlalu sempit. Moncongnya tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek juga.
Sekian sharing saya mengenai anjing ras ini yang banyak orang menyebutnya dengan anjing pitbull. Saya tidak bermaksud mengatakan, bahwa anjing pitbull di luar dari apa yang saya tuliskan bukan merupakan anjing pitbull yang berkualitas baik. Tulisan di atas hanya pendapat subyektif saya sendiri terhadap anjing jenis ini. Di kenyataannya juga banyak anjing yang tidak persis dengan apa yang saya tuliskan ternyata memiliki kualitas bagus dengan pembuktian di ring/pit atau arena ketangkasan. Dan ada juga anjing yang sesuai criteria saya, namun kurang bagus di ring atau arena ketangkasan. Jadi, itu semua kembali kepada minat anda terhadap jenis anjing ini. It’s all your own choice.

movies that you should to know :

Harry Potter and the Deathly Hallows, Part 1 Heart of Stone: A Novel (Irish Angel Series #1)AloneLive at Shea Stadium (2 CD /1 DVD)

No comments:

Post a Comment